Wanita selalu ingin terlihat sempurna dan menarik, sehingga pesona kecantikan wanita tersebut dapat terpancarkan dan menarik banyak perhatian publik. Memiliki bentuk tubuh ideal dan proporsional adalah impian dari setiap kaum wanita. Kehadiran lemak dibagian tubuh tertentu dapat mengurangi rasa percaya diri. Pada umumnya lemak banyak berada pada bagian perut, yang sering mengurangi nilai penampilan wanita. Sehingga banyak wanita yang berlomba-lomba mengecilkan perut dengan berbagai cara. Tidak sedikit yang merasa stres sebab segala cara telah ditempuh tetapi tidak menghasilkan apapun.

Mengecilkan perut dapat dilakukan dengan olahraga yang fokus terhadap mengencangkan otot perut. Banyak orang merekomendasikan sit-up. Namun gerakan sit-up lebih berpusat pada otot punggung dan pinggul. Tidak semua lemak dapat dihancurkan dengan melakukan olahraga, maka liposuction atau sedot lemak adalah alternatif yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut.

Liposuction merupakan operasi plastik untuk mengambil lemak berlebih pada daerah tubuh. Liposuctin dilakukan dengan cara membuat sayatan kecil dikulit dan menghilangkan lemak dengan kekuatan tekanan menyedot (suction) lemak tersebut. Tujuan utama dari liposuction adalah contouring body, yakni membuang lemak yang tidak diinginkan pada tubuh sehingga terbentuk tubuh yang lebih baik. Liposuction umumnya digunakan dalam pengobatan kegemukan yakni untuk mengurangi lemak pada pasien. Diharapkan dengan liposuction dapat mengurangi penyakit yang berkelanjutan akibat kegemukan seperti penyakit diabetes, jantung dan masih banyak yang lain, serta dapat membuat hidup lebih berkualitas.

Liposuction tidak hanya dapat mengecilkan perut, tetapi juga untuk menyedot lemak di seluruh bagian tubuh. Prosedur ini sering menjadi pilihan seseorang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing. Biaya untuk prosedur ini cukup mahal untuk satu bagian tubuh biasanya bekisar $1.600-$2.000, jika melakukan sedot lemak didaerah leher, lengan, perut, paha, maka jumlah harga dapat mencapai $8.000. Selain prosedur ini dianggap cukup berisiko, efek hasilnya tidak tahan lama, terutama jika Anda malas olahraga atau diet seimbang. Anda tetap harus melakukan dengan olahraga teratur dan diet seimbang, sehingga efek hasil sedot lemak dapat bertahan lebih lama.

Secara umum, komplikasi dari operasi sedot lemak adalah pendarahan, infeksi, dan tromboembolisma. Ada juga komplikasi lain, seperti kulit menjadi tidak rata, hematoma atau lebam, seroma, emboli lemak, kelebihan cairan intravena, dan lain-lain. Contohnya adalah pembekuan terjadi pada lengan yang menyebabkan kulit menjadi tidak merata. Karena kulit yang tidak merata, kemudian dokter membuang kulit sehingga menimbulkan bekas luka akibat pembuangan yang tidak tepat.

Ada cara lain menjadi langsing atau mengecilkan perut, selain mengatur pola diet, olahraga dan sedot lemak, yakni seperti:

  1. Mandi sauna, prinsip: mengaktifkan suhu tubuh, sehingga sistem meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak yang terdapat dalam tubuh.
  2. Akupunktur, prinsip: menekan saraf lapar.
  3. Hypnosis, prinsip: mengubah kebiasaan dan pola makan.
  4. Operasi bypass atau membentukan lambung, prinsip: mengurangi ukuran lambung, sehingga makanan yang dimakan dan tidak dicerna, akan cepat dan banyak mengalami proses pembuangan.

Apapun alternatif yang ditawarkan untuk melangsingkan atau mengecilkan perut Anda, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi pada dokter atau tenaga medis yang bersangkutan.

Leave a Reply